Visi Kami

" AGAR HAK DAN MARTABAT MANUSIA SEBAGAI CITRA ALLAH DIAKUI DAN DIHORMATI. "

Jumat, 20 Juli 2012

BERJEJARING DENGAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAH



Oleh: Sr. Antonie Ardatin PMY*
Pada zaman dahulu, komunitas - komunitas religius pada umumnya berupa gedung yang besar, megah, berada di kota, lengkap dengan gedung karya pelayanannya, entah berupa sekolah atau  rumah sakit, dan beranggotakan sejumlah besar religius. Keberadaan kita di dalam gedung semacam ini membuat kita ”terasing”(atau memang mengasingkan diri?) dan ”berjarak” dengan warga masyarakat. Jarang kita bertemu warga biasa jika tidak ada sangkut pautnya de ngan karya pelayanan kita.
 Kini komunitas-komunitas religius telah tersebar di kampung dan pelosok desa seperti rumah penduduk pada umumnya dengan sejumlah kecil anggota komunitas. Bahkan Uskup Purwokerto pun mempunyai cita-cita untuk”mengampungkan” komunitas religius. 

Maksudnya, agar komunitas religius berada di tengah kampung, di tengah masyarakat. Saya mendukung cita-cita itu. Kita pun tidak boleh lupa bahwa kita ini  berasal dari kampung. Akan tetapi, kita adalah orang kampung yang terdidik, terpelajar, sehingga kita bukan orang”kampungan”.
Sebagai penduduk kampung, kita tidak terlepas dari kewajiban sebagai warga dalam hal memenuhi kewajiban seperti iuran rutin, jimpitan, rapat kampung,pertemuan PKK, rukun kematian, dasawisma, gugur gunung, rewang kalau ada hajatan, dan sebagainya. Inilah jejaring di tingkat akar rumput yang paling dasar.
Acara rutin semacam itu sering dirasa menyebalkan, membuang waktu, takada gunanya, dan sebagainya. Namun demikian, acara-acara semacam itulah yang mendekatkan kita dengan sesama warga.
Bukankah kita juga warga masyarakat?
Warga biasa? Di tingkat ini, kita berjejaring dengan warga masyarakat dari tingkat akar rumput sampai ke pengurus RT, RW,Dukuh, dan Lurah. Dengan berjejaring,kita pun banyak belajar mengenal makna solidaritas dan kesetiakawanan di antara mereka. Menakjubkan!
Kadang-kadang hal tidak masuk akal, tetapi nilai kesetiakawanan dijunjung  tinggi. Ini terjadi dalam peristiwa kematian, hajatan dan sejenisnya. Mereka berusaha untuk menyumbang karena pada masa lalu pun mereka pernah disumbang. Bahkan tidak punya uang pun mereka ingin menyumbang dengan mengutang. Tidak masuk akal bukan?
Kebiasaan inilah yang sering kita anggap menyebalkan. Kalau kita hanya menggerutu, bagaimana kita bisa berpartisipasi untuk ikut serta ”membangun tatanan masyarakat” atau menciptakan ”perubahan dalam masyarakat”? Melalui jaringan itulah kita  bisa belajar dari mereka, namun sekaligus kita juga bisa berpartisipasi membangun tatanan baru sebagai warga biasa. Hal yang saya ceritakan ini merupakan awal kisah kerja sama saya dengan perangkat desa, dimulai dengan kehadiran saya sebagai warga masyarakat  biasa, seperti rakyat jelata pada umumnya.
Kini desa-desa diserbu oleh para calo pengerah tenaga kerja. Dengan rayuan yang manis, janji-janji indah gaji tinggi di negeri seberang yang menggiurkan,tersedotlah warga desa di perantauan asing. Bagaimana nasib mereka? Memang ada yang berhasil, tetapi berapa banyak yang gagal dan menderita, dan kemudian harus kembali ke tanah air dengan tangan hampa, dengan bekas luka dan noda atau bahkan tanpa nyawa?
Hal itu banyak kita baca di koran-koran. Kita mempunyai akses informasi yang memadai akan hal itu, sehingga kita berpengetahuan cukup mengenai praktik perekrutan tenaga kerja macam ini.  Akan tetapi, mereka tidak punya akses informasi macam ini. Kita dipanggil untuk apa oleh DIA dalam peristiwa ini? Sebagai warga desa maupun kampung itulah kita bisa menyampaikan informasi ini kepada mereka.
Siapa para calo pengerah tenaga kerja itu?
Mereka mungkin adalah sesama warga desa, mungkin malah orang tua sendiri, saudara, tetangga atau perangkat desa.Ada yang memesan calon tenaga kerjake pada mereka dengan imbalan uang untuk setiap orang yang dikirim kepada si pengerah.  Mereka tidak tahu, akan jatuh ke tangan siapakah akhirnya tenaga kerja ini? Mereka tahunya hanya mau menolong agar para penganggur miskin ini mendapat pekerjaan, mendapat nafkah. Pekerjaan macam apakah yang akan mereka jalani? Ini yang harus betul-betul kita cermati, ke alamat mana para calon pekerja ini akan dipekerjakan. Jangan-jangan mereka masuk dalam mata rantai jaringan perdagangan manusia. Kadang-kadang mereka terlalu lugu, percaya saja apa kata orang, ikut saja apa yang mereka sarankan untuk mengatasi kemiskinannya.
Maka sebagai sesama warga, kita terpanggil  untuk mengajak mereka berpikir kritis. Kita perlu membekali mereka dengan berbagai sikap bertanya kritis untuk menentukan nasib mereka sendiri. Menghadapi para calo ini, mereka harus tahu banyak hal dan menanyakan kepadanya : secara persis, apa pekerjaannya?  Ke wilayah mana,alamat lengkapnya di mana?  Melalui jalur resmi yang dilindungi pemerintah atau tidak? Surat-surat apa yang diperlukan untuk perjalanan menuju ke alamat tersebut?
Sering terjadi pemalsuan sejak awal perekrutan, mulai dari data umur, nama dan jenis visanya. Visa yang digunakan adalah visa turis,  sementara yang diperlukan adalah visa kerja. Pemalsuan ini akan mengakibatkan masalah serius di negeri seberang, misalnya diusir darinegeri itu (contonya, kasus Nunukan), diperas di negeri orang dengan alasanakan dilaporkan polisi untuk dipenjarakan jika tidak mau menuruti perintah sipemeras. Pemalsuan semacam ini adalah indikasi ke arah perdagangan manusia. Banyak di antara para calon tenaga kerja jatuh ke jalur perdagangan manusia.Mereka ”dijual” sebagai PSK tanpa sepengetahuan mereka, khususnya para gadis muda di bawah umur. Syarat resmi dari pemerintah untuk bisa bekerja di luar negeri minimal 18 tahun.  Namun pada kenyataannya, banyak remaja berumur 14-15 tahun telah diberangkatkan.
Akses terhadap informasi yang kita miliki dapat kita sumbangkan untuk mencegah terjadinya penderitaan sesama kita dikampung.  Kita dapat menyampaikannya kepada perangkat desa maupun kewarga melalui pertemuan-pertemuandi kampung.  Inilah jaringan kerja yangmerakyat, sungguh-sungguh di tingkat basis. Karena kemiskinan, nasib sesama kita di Indonesia semakin terpuruk. Namun jangan sampai keterpurukan ini dimanfaatkan oleh oknum pemeras yang  justru memperparah nasib mereka menjadi obyek perdagangan. Kita adalah manusia, betapa pun miskinnya, kita punya martabat,  bukan barang dagangan. Di tingkat yang lebih tinggi, kita bisa berjejaring dengan tokoh-tokoh perempuan kabupaten.  Kini penulis tinggal di Wonosobo, maka berjejaring dengan organisasi  GOW (Gabungan OrganisasiWanita)  setempat untuk mencegah perdagangan perempuan.  Hal ini ditempuh dengan cara menyebarluaskan informasi melalui salah satu unit kerjanya yaitu unit UPIPA (Unit Pelayanan dan Informasi Untuk Ibu dan Anak).
Untuk membantu kaum perempuan ini kita pun bisa berjejaring dengan RPK (Ruang Pelayanan Khusus) kepolisian.
Di bagian inilah masalah kekerasan terhadap perempuan bisa dilaporkan dan ditanggulangi.  Akan tetapi, kebanyakan perempuan takut berhadapan dengan polisi.  Hal ini dapat dimaklumi!
Bisa jadi hal ini karena polisi Indonesia mempunyai citra buruk di negeri kita. Kenyataannya, memang ada oknum polisi yang sungguh sungguh bertabiat buruk karena berkolusi dengan pihak yang salah dengan menerima suap.
Untuk itu, para perempuanbernasib buruk itu membutuhkanpendampingan kita. Sebenarnya, kita pun bisa membangun relasi yang baik dan berjejaring dengan polisi. Kita bisamemberikan masukan kepada merekadan memberi pengaruh positif terhadapkepolisian. Para polisi ini merasa berharga bila kita dekati, bila kita ajak bekerja sama.
Mereka segan terhadap kita. Akhirnya hati mereka pun tersentuh dan mau berpihak terhadap perempuan atau siapa pun yang menderita.  Uang suap tak mempan lagi karena keberpihakan mereka terhadap korban. Gunakan pengaruh positif kita untuk memperbaiki keadaan dengan cinta dan persaudaraan.
Di tingkat yang lebih tinggi  (provinsi), ada jaringan kerja yang bernama PPT (Pusat Pelayanan Terpadu) yang beranggotakan anggota kepolisian, LSM, pihak rumah sakit, baik swasta maupun bhayangkara (milik kepolisian), kehakiman, departemen sosial, dan pihak-pihak lainnya. Mereka bekerja sama untuk menanggulangi kekarasan terhadap perempuan dan anak-anak. PPT  mempunyai SOP (Standard Operation  Procedure) yang jelas. Sayangnya, SOP ini sering hanya ”di atas kertas”. Hal ini karena kurang disosialisasikan ke tengah masyarakat, sehingga tidak banyak warga masyarakat yang dapat mengakses ke jaringan PPT ini. Kita yang mengetahui akan hal ini mempunyai panggilan untuk menyosialisasikan kepada warga yang membutuhkan. Dengan demikian, PPT akan berfungsi maksimal dan para korbanmendapat pertolongan.
Di jalur resmi, kita mempunyai hubungan kerja dengan berbagai departemen, misalnya Departemen Pendidikan dan Departemen Sosial. Jalur resmi ini kita tempuh seperti umumnya. Namun, jalur persaudaraan juga senantiasa kita tempuh pada saat-saat penting kehidupan bermasyarakat, misalnya di saat Idul Fitri, di saat mereka ”punya gawe”, pada saat  mereka berduka atau menderita sakit,  dan bersilaturahmi pada saat yang perlu dan tepat. Sering kali jalur persaudaraan seperti ini menjadi solusi yang ampuh untuk mengurai kusutnya sebuah kesulitan. Kita jangan menempatkan diri kita sebagai ”orang lain” bagi mereka. Kita adalah sesama mereka juga. Kalau kita berjejaring dengan mereka, tujuan kita hanyalah demi tertolongnya orang miskin, agar para petinggi negara ini ( dari tingkat akar rumput sampai ke tingkat yang lebih tinggi ) mau berpihak kepada orang miskin. Kita gandeng sebanyak banyaknya orang untuk berpihak kepada kaum miskin. Inilah jaringan semut. Atau jaringan rayap?  Walau kecil, hewan-hewan ini mampu merobohkan pohon besar.
Bukankah Yesus telah mengajarkanke pada kita dengan bercerita mengenai”Orang Samaria Yang baik Hati”? Intinya adalah jadilah sesama bagi mereka yang membutuhkan, yang sedang menderita. Kita jangan lewat begitu saja tanpa mempedulikan si korban. Kalau kita membuka mata, banyak korban bergelimpangan di sekitar kita: korban kekerasan terhadap perempuan, korban penipuan,  korban ketidakadilan sistem,korban perdagangan manusia, korbankekerasan penguasa dan lain-lain.Sebagai religius kita adalah orang yangberuntung karena terpelajar,  terdidik, mempunyai cukup banyak fasilitas, dan mempunyai akses terhadap banyak hal.  Segalanya itu bukanlah untuk status kita, kemanjaan kita, kenikmatan hidup kita.
Akan tetapi, segalanya itu adalah sarana untuk dibaktikan kepada sesama, kepada masyarakat, khususnya mereka yangmenderita.
Jadilah ”sesama” bagi orang orang di sekitar kita. ***

*penulis adalah Pemimpin  Suster-Suster PMY,  tinggal di Wonosobo

( Tulisan ini pernah dimuat di majalah KOMUNIKASI FIC edisi ke IV Th. XL Oktober 2008 )

8 komentar:

  1. saya ibu salma ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon KI WARA dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi KI WARA dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan KI WARA saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja KI WARA di 0823=2221=4888 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya atau bisa juga anda.KLIK BOCORAN 2D 3D 4D DISINI






    saya ibu salma ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon KI WARA dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi KI WARA dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan KI WARA saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja KI WARA di 0823=2221=4888 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya atau bisa juga anda. KLIK BOCORAN 2D 3D 4D DISINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
      pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
      sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
      gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
      kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
      nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
      melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
      hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
      angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
      ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
      MBAH KASSENG
      NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547









































      Hapus
    2. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

      Hapus
  2. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya ibu HALIMAH seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka facebook mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran THAILAND angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor +6285328880180--/-085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: KLIK DI SINI

    BalasHapus
  3. sujud sukur berkat bantuan aki pramadi,,,dan berkat imformasi dari member-member aki pramadi,,,yang telah meyampaikan bahwa jika anda ingin mengubah nasib melalui angka togel ghoib hubungi AKI PRAMADI,,,dan TADI malam saya sudah buktikan berkat bantuan AKI PRAMADI,,,yang telah memberikan angka togel ghoib SGP 4D (6193) tadi malam 30-11-2015 akhirnya saya menang 500 juta,,,dan insyaallah saya bisa lunasi semua hutang-hutang saya yang lagi di BANK,,,sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimah kasih kepada AKI PRAMADI,,,dan member-member.nya yang telah mengimformasikan keberhasilanya,,,dan saya turut mengimformasikan,,,jika anda merasa punya beban (hutang)yang sudah lama belum bisa terlunasi,,,dan ingin mengubah nasib lebih layak dibandingkan nasib yang sekarang seperti saya,,,dan member-member yang lain silahkan hubungi AKI PRAMADI DI nomor,,,082~349~535~132,,BELIAU BISA MEMBANTU DI PUTARAN APAPUN,ATAU ANDA BUTUH PESUGIHAN SILAHKAN HUB AKI PRAMADI DEMIKIAN KISAH NYATA DARI SAYA

    BalasHapus
  4. awalnya saya tdk percaya karena beredar di media sosial dukun togel itu banyak penipuan,bahkan saya sudah tertipu 2x sama dukun palsu yg mengatasnamakan dirinya mbah2 dan aki-aki,saya disuruh mengirim mahar sekian sudah kirim mhar malah kabur dan nomornya nggak aktif,waktu itu saya kecewa karena saya tertipu 12juta itupun uang saya pinjam dari rekan kerja saya di bogor,
    tapi syukur alhamdulillah kekecewaan saya kemarin menjadi tapuk tangan dan legah rasanya alhamdulillah saya sudah menemukan orang yg pas yg bisa merubah hidup saya yaitu adalah AKI ROENG SOGI
    ALHAMDULILLAH angka yg diberikan AKI kemaren di putaran singapura pools lansung 3D 1 line benar2 tembus 100% alhamndulillah saya menang 67jt benar benar AKI ROENG SOGI adalah paranormal yg hebat dan bisa dipercaya,karena saya sudah membuktikan sendiri sudah 3X AKI kasih angka betul2 membawakan hasil. saya cuma menyampaikan kepada anda semua khusus pecinta nomor togel yg sering kalah silahkan bergabung jadi member AKI ROENG SOGI silahkan hub di no 085319483234,dan semoga yg sudah bergabung bisa sukses seperti saya.intinya cuma 1 yg penting kita yakin dan percaya..
    Thanks All. Salam hormat..

    BalasHapus
  5. Salam kenal Saya Syafitri TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    BalasHapus
  6. Maaf... Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Biarlah Orang pada ngomong itu musrik hanya tuhan yg tau. mungkin ini salah satu jalan rejeki sy. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin

    BalasHapus